Cara Full Backup Data Android [Root & Tanpa Root]

  • Home
  • Android
  • Cara Full Backup Data Android [Root & Tanpa Root]

Jika kamu pengguna Android yang suka memodifikasi Hp seperti memasang Custom Recovery, Install Firmware, Custom Rom, dan lain-lain. Pasti kalian di perintah untuk melakukan Backup. Maka dari itu kami akan menunjukkan Cara Full Backup Data Android dengan Root dan Tanpa Root.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk backup data android, baik itu dengan root atau tanpa root. Cara yang paling mudah dan sederhana ialah melakukan backup dengan TWRP (Khususnya pengguna yang sudah memodifikasi Android nya).

Melakukan Backup sangatlah penting. Karena saat kamu memodifikasi Android, dan bila ada kesalahan saat proses atau setelah nya. Maka hasil backup itulah yang dapat membantu kalian mengembalikan hp Android seperti semula.

Cara Backup Hp Android

Pengguna Android memiliki beberapa opsi untuk melakukan full backup. Opsi Full Backup membantu kamu untuk mengembalikan data Android yang hilang saat pembaruan. Backup juga sangat penting jika Hp kamu mengalami Bootloop. Pada artikel kali ini kami akan menunjukkan cara backup untuk pengguna Root, Non-Root, dan pengguna yang sudah menginstall Custom Recovery.

Cara Backup Data Android Tanpa Root

Pada hp yang belum root, kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga dan juga memakai akun google. Data yang di backup mulai dari foto, video, berkas, data aplikasi, dan game.

Backup pengaturan, data aplikasi, kontak, dan riwayat panggilan.

Pengguna Android dapat memanfaatkan fitur bawaan dari Hp nya untuk melakukan Backup. Disini kita akan menggunakan Akun Google untuk backup Pesan, Riwayat Panggilan, Kontak, dan lainnya. Namun untuk yang satu ini, kamu perlu koneksi internet. Karena hasil backup akan disimpan di Google Drive.

  1. Pastikan kamu sudah masuk menggunakan GMail di Android kamu.
  2. Buka Pengaturan > Google > Backup > kemudian Aktifkan Google Drive Backup.
    Full Backup Data Android Tanpa Root
  3. Selanjutnya tinggal tekan tombol Backup Now dan tunggu proses backup sampai selesai.
  4. Jika pengaturan itu tidak ada, kamu bisa pergi ke Settings > Accounts > Google Account > Account Sync. Kemudian tekan titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih sync now.
    Backup Data Android ke Google Drive

Backup Foto Dan Video dengan Google Photos

Jika kamu pengguna Android, maka Aplikasi Google yang satu ini sudah pasti ada di Hp Android kamu.

Jika kamu melakukan backup foto atau video dengan Kualitas Tinggi, maka Google tidak akan memberikan batasan kapasitas (UNLIMITED) unggahan kamu. Lain hal nya jika kamu tidak menggunakan kompresi kualitas tinggi, maka batas kapasitas akan diberlakukan. Dan akan menyebabkan penyimpanan terbatas kamu akan cepat habis.

  1. Jika Google Photos tidak ada, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya, kemudian tekan tombol garis tiga yang ada di pojok kiri atas dan pilih Settings.
  3. Pada menu settings kamu pilih Backup and sync.
  4. Aktifkan Toggle Backup and Sync. Pada menu ini kamu juga bisa mengaktifkan beberapa fitur menarik. Sebagai contoh ketika kamu menggunakan data seluler, apakah for dan video akan di backup? Jika iya, maka kamu bisa mengaktifkannya disini. Untuk fitur lainnya, bisa kamu jelajah sendiri. Berikut ini tampilan serta letak menunya.
    Backup Foto dan Video dengan Google Photos

Backup Riwayat Pesan

Sebenarnya, pada Google Backup ada backup pesan, tapi itu tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu kami menggunakan aplikasi Pihak Ketiga untuk melakukannya. Simak petunjuk berikut ini.

  1. Download dan Pasang aplikasi SMS Backup & Restore dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya, kemudian tekan tombol Set up a Backup.
  3. Tekan Next dan pilih lokasi backup yang akan digunakan. Disini ada beberapa pilihan penyimpanan, mulai dari penyimpanan internal dan penyimpanan cloud (Google Drive, One Drive, dan Dropbox).
  4. Setelah memilih, selanjutnya tekan Next dan Create Backup. Dan tunggu prosesnya hingga selesai. Prosesnya tidak akan berlangsung lama, karena hanya backup tulisan pesan saja, bukan media.
    Cara Backup Riwayat Pesan di Android
  5. Jika kamu memilih lokasi backup di internal, sebaiknya pindahkan atau salin hasil backup tersebut ke pc atau laptop atau flashdisk kamu.
  6. Untuk mengembalikannya, silahkan kamu install aplikasi tersebut. Kemudian pilih Restore dan pilih hasil backup kamu.

Backup APK Game dan Aplikasi Android

Jika kamu kekurangan data internet untuk mengunduh kembali aplikasi yang sudah di install, maka jawabannya adalah dengan mem-backup aplikasi yang terinstall menggunakan aplikasi pihak ketiga. Disini kita akan menggunakan Backup and Restore App, kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store.

  1. Download dan pasang aplikasi Backup and Restore App di Hp kamu.
  2. Buka aplikasinya. Kemudian kamu akan dihadapkan dengan pilihan penyimpanan hasil backup dan silahkan kamu pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.
  3. Sekarang pilih aplikasi dan game mana saja yang ingin kamu backup dan setelahnya tekan tombol Backup.
    Cara Backup Aplikasi dan Game Android
  4. Untuk mengembalikannya? Cukup install aplikasi atau game seperti biasa.

Backup Data Aplikasi dan Game dengan Helium App

Mungkin kamu berfikir mana mungkin kita bisa Backup Data Aplikask Android Tanpa Root? Sekarang hal itu sangatlah mungkin. Kita akan menggunakan Helium Backup App (Dulu bernama Carbon) untuk melakukan Backup Data Aplikasi atau Game Tanpa Root. Caranya tidak begitu sulit, kamu hanya membutuhkan sebuah perangkat komputer, kabel USB, dan Aplikasi Helium saja. Mari kita lanjutkan ke tutorialnya.

  1. Download dan pasang terlebih dahulu Aplikasi Helium dari Google Play Store.
  2. Download juga Helium Installer untuk PC kamu.
  3. Pasang ADB and Fastboot di PC kamu.
  4. Aktifkan USB Debugging di Hp Android dan sambungkan ke PC menggunakan kabel USB.
  5. Jika ADB terpasang dengan benar, setelah kamu menyambungkan hp ke pc, maka di layar Hp kamu akan muncul notifikasi Izinkan USB Debugging.
    Backup Data Android Tanpa Root
  6. Setelah melakukan itu, pada tampilan helium di pc akan muncul tanda centang, yang menandakan kamu sudah bisa melakukan backup data aplikasi di Android.
  7. Sekarang cabut Hp kamu dari PC dan mulai lakukan backup terhadap aplikasi atau game yang kamu inginkan.
  8. Untuk mengembalikan Data yang sudah di backup. Cukup salin hasil backup ke folder Carbon. Kemudian Install aplikasi yang akan di restore. Selanjutnya buka Aplikasi Helium kembali. Terus pilih Restore & Sync dan pilih aplikasi yang akan di Restore.

Cara Full Backup Data Android ROOT

Untuk pengguna Android ROOT, melakukan Full Backup sangatlah mudah. Karena dengan Hp yang sudah di Root kamu dapat backup data android baik itu aplikasi, game, dan bahkan kamu juga bisa backup Firmware Android kamu (Untuk backup Firmware diperlukan Custom Recovery).

Backup Data Android dengan Titanium Backup

Tidak seperti Hp yang belum di root, untuk melakukan full backup terhadap aplikasi harus menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Sedangkan Hp Root bisa melakukan hampir semua hal dalam melakukan backup data Android hanya dengan satu Aplikasi saja. Disini kita akan menggunakan Titanium Backup yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu pakai. Silahkan kamu simak baik-baik tutorialnya.

  1. Download dan pasang Aplikasi Titanium Backup dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan setelah terbuka akan langsung muncul notifikasi untuk perizinan akses Root. Maka silahkan kamu tekan izinkan.
  3. Pilih menu Backup / Restore dan klik tombol centang yang ada di pojok kanan atas.
    Full Backup Data Android dengan Titanium Backup
  4. Selanjutnya pilih Backup all user apps + system data dan pilih aplikasi mana saja yanh ingin kamu backup (kamu juga bisa memilih semua aplikasi untuk di backup).
  5. Hasil backup akan disimpan di folder TitaniumBackup (biasanya ada di penyimpanan internal) dan jangan lupa untuk memindahkannya ke tempat yang aman agar tidak terhapus saat kamu me-reset Hp kamu.
  6. Untuk mengembalikannya di Hp baru kamu. Silahkan kamu download dan pasang lagi aplikasi Titanium Backup, kemudian salin / pindahkan hasil backup tadi ke penyimpanan internal. Kemudian lakukan Restore pada aplikasi yang diinginkan.

Cara Buat Nandroid Backup dengan TWRP

Untuk melakukan Nandroid Backup diperlukan Custom Recovery seperti TWRP Official, OrangeFox, CWM, atau Custom Recovery lainnya. Namun pada tutorial ini, kami akan menggunakan TWRP saja. Menurut kami tampilan serta penggunaan TWRP lebih mudah dibandingkan yang lain. Langsung saja kita ke tutorialnya.

Persyaratan

  • Pastikan Hp kamu sudah terpasang TWRP Recovery.
  • Pastikan juga Hp kamu tersedia ruang kosong yang cukup.
  • Kamu sudah mengetahui cara boot ke Recovery sesuai model / merek Hp kamu.

Tutorial Nandroid Backup

  1. Reboot Hp kamu ke mode Recovery.
  2. Pada menu TWRP silahkan kamu tekan tombol Backup.
    Nandroid Backup menggunakan Custom Recovery
  3. Pada menu backup kamu akan disajikan beberapa opsi partisi yang akan di backup. Namun bila kamu tidak tahu akan hal itu, lebih baik kamu biarkan default saja.
  4. Kamu juga bisa memilih lokasi hasil backup nya, mulai dari internal, external, dan juga USB.
  5. Hasil backup akan kamu temukan di Folder TWRP. Sebaiknya kamu pindahkan hasil backup ke PC, dan bila kamu membutuhkannya tinggal pindahkan kembali ke penyimpanan Hp Android kamu.
  6. Untuk mengembalikannya, salin / pindahkan hasil backup ke penyimpanan Android kamu. Kemudian tekan tombol Restore di menu TWRP.
    Cara Backup ROM Android dengan TWRP
  7. Kemudian pilih file backup yang akan kamu Restore dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Jadi itulah beberapa langkah untuk melakukan Full Backup Data Android dengan Root dan Tanpa Root. Bila kamu ada cara terbaik untuk melakukan backup atau kritik dan saran, silahkan kamu sampaikan di kolom komentar artikel ini.

Tags:

MagzPedia

Saya suka dunia blogging dan sejenisnya. Saya membangun blog untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan untuk menyalurkan hobi.