Cara Install ADB and Fastboot di Windows 7/8/10

  • Home
  • Android
  • Cara Install ADB and Fastboot di Windows 7/8/10

Sebagian besar pengguna Android yang suka memodifikasi atau Tweaking pada perangkatnya. Seperti install Firmware, install Custom Recovery seperti TWRP, pasang Custom ROM, Root, dan Unlock Bootloader. Pada dasarnya mereka perlu Install ADB and Fastboot untuk bisa melakukannya.

Apa itu ADB?

ADB atau Android Debugging Bridge merupakan alat debug kecil yang akan kamu temukan pada Android Software Development Kit (SDK). Secara sederhana dapat diartikan sebagai alat yang memberikan instruksi ke Android lewat baris perintah yang dilakukan melalui komputer. Maka dengan ADB, kamu dapat mengontrol Android melalui komputer dengan kabel USB. ADB juga dapat kamu pakai untuk mengubah level sistem perangkat Android kamu.

Apa itu Fastboot?

Sama hal nya dengan ADB, Fastboot juga merupakan bagian dari SDK. Fastboot membantu untuk melakukan Flashing ulang Partisi dan Image Files pada Hp kamu. Fastboot juga bisa melakukan modifikasi System Image melalui komputer. Seperti Recovery, Pembaruan, dan File Zip.

Cara Setup ADB and Fastboot di Windows

Untuk Install dan menyiapkan ADB and Fastboot sangatlah mudah. Karena keduanya adalah bagian dari paket Android SDK, kamu hanya perlu mengunduh kit (kurang lebih 500MB) dan kemudian mengatur variabel path. Namun ukuran itu sangatlah besar, maka dari itu panduan yang akan kami tunjukkan memakai 2 software yang dibuat oleh member XDA. Yang pertama, 15 Seconds ADB Installer. Yang kedua, Minimal ADB and Fastboot. Keduanya memiliki fungsi yang sama.

Menggunakan 15 Seconds ADB Installer

  1. Download terlebih dahulu 15 Seconds ADB Installer.
  2. Ekstrak file yang kamu download.
  3. Jalankan file adb-setup.exe .
    Cara Install 15 Seconds ADB Installer
  4. Kemudian lihat pada jendela windows tersebut dan ikuti saja petunjuk yang ada. Ketik ‘Y’ untuk melanjutkan penginstallan ADB.
    Pasang ADB and Fastboot di Windows
  5. Setelah mengetikkan perintah tersebut. Maka ADB and Fastboot Drivers akan terpasang dengan sendirinya dan akan menyalin file yang diperlukan ke lokasi yang telah ditentukan.
  6. Pada bagian ‘Do you want to install device drivers’ kamu ketik lagi ‘Y’. Dengan begitu software tersebut akan menginstall Device Drivers dan akan menutup jendela windows dengan sendirinya.
    Install Universal Device Drivers di Windows
  7. Sekarang windows komputer kamu sudah terpasang ADB and Fastboot.

Menggunakan Minimal ADB and Fastboot

  1. Download Minimal ADB and Fastboot terlebih dahulu.
  2. Jalankan file yang di download, disini kami memakai minimal_adb_fastboot_v1.4.3_setup.exe .
  3. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti instruksi yang ada, dan pilih lokasi yang kamu inginkan.
    Install Minimal ADB and Fastboot di Windows
  4. Setelah kamu mengikuti semua instruksi dan memilih lokasi yang di inginkan. Maka ADB and Fastboot telah terpasang pada Windows Komputer kamu. Yang terakhir adalah klik tombol ‘Finish’.
    Cara Install ADB and Fastboot

Jika kamu ingin mengecek apakah konfigurasi ADB and Fastboot telah benar, caranya sangat mudah. Buka folder atau lokasi hasil install adb, lalu tekan dan tahan tombol shift, kemudian klik kanan pada sembarang tempat dan pilih ‘Open command window here’ atau ‘Open Powershell window here’ dan ketik ‘adb devices’. Maka setelah mengetik perintah tersebut akan muncul kodu unik / daftar perangkat yang terkoneksi dengan komputer kamu.

Cek Devices Minimal ADB and Fastboot
Minimal ADB and Fastboot
Cek Devices 15 Seconds ADB Installer
15 Seconds ADB Installer

Tags:

MagzPedia

Saya suka dunia blogging dan sejenisnya. Saya membangun blog untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan untuk menyalurkan hobi.