Cara Mudah Install TWRP Recovery di Hp Android

  • Home
  • Android
  • Cara Mudah Install TWRP Recovery di Hp Android

Jika kamu ingin me-root hp Android atau Flash Custom ROM, maka kamu perlu TWRP Recovery. Jadi pada artikel kali ini kami akan tunjukkan Cara Install TWRP Recovery di Android. Ada begitu banyak Custom Recovery, namun kami merekomendasikan TWRP.

Bagi kamu yang sering memodifikasi Android, maka kamu tidak akan asing lagi dengan Flash Tools. Alat tersebut berguna untuk melakukan Flash Zip File, akan tetapi itu membutuhkan komputer atau laptop. Maka dari itu, peran TWRP sangatlah penting. Karena dengan TWRP kamu bisa memodifikasi Android baik itu Flash Zip File, Nandroid Backup, atau lainnya tanpa PC.

Seperti yang kita tahu, pada umumnya Hp Android sudah terpasang Stock Recovery. Namun pada dasarnya Stock Recovery hanya mendukung operasi dasar saja seperti format, menghapus data, dan lainnya.

Kegunaan TWRP Recovery

  • Root Hp Android.
  • Flash Zip File.
  • Nandroid Backup.
  • Flash Custom ROM.
  • Wipe dan Restore Data.

Link Download TWRP

Disini kami menyediakan link download TWRP versi terbaru dan versi lama. Jika versi yang baru terdapat error atau tidak kompatibel dengan Hp kamu, maka silahkan coba versi yang lama.

Download dan Install TWRP Recovery

Berikut ini link Download Official TWRP yang sesuai dengan perangkat kamu. Sehingga saat penginstallan tidak akan ada masalah yang terjadi pada Hp Android kamu.

Link : Download TWRP Recovery by Devices

Setelah Download TWRP sesuai perangkat kamu, sekarang mari kita lanjut ke proses penginstallan. Ingat, tutorial ini menurut kami kurang aman. Karena untuk Install TWRP Recovery, metode yang dipakai setiap Hp Android berbeda-beda. Maka kamu bisa mengikuti panduan / metode yang sesuai dengan perangkat kamu.

Tahap Install TWRP Recovery

Perlu diingat, sebelum melakukan penginstallan. Kamu harus melengkapi persyaratan berikut ini.

Persyaratan

  • Kunci OEM sudah terbuka.
  • Bootloader tidak terkunci.
  • Sudah mengaktifkan USB Debugging.
  • Pada komputer sudah terpasang ADB and Fastboot.

Tahap Pasang TWRP di Android

Jika kamu berpikir bahwa menginstall TWRP memerlukan akses Root. Maka kamu salah, kamu tidak memerlukan akses Root untuk bisa menginstall TWRP. Baiklah, kita langsung lanjutkan ke langkah-langkahnya.

Peringatan: Teknobudak.com tidak bertanggung jawab apabila ada kesalahan atau kerusakan saat / setelah melakukan metode yang kami berikan ini. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu melakukan Full Backup Data Android terlebih dahulu.
  1. Pastikan Hp Android kamu USB Debugging nya sudah aktif.
  2. Matikan perangkat Android dan reboot ke Mode Fastboot.
  3. Sekarang sambungkan Hp Android ke perangkat komputer dengan kabel USB.
  4. Ganti nama file twrp kamu menjadi twrp.img dan salin / pindahkan ke folder ADB yang ada pada komputer kamu.
    Cara Pasang TWRP untuk Hp Android
  5. Pada folder ADB kamu tekan dan tahan tombol shift, kemudian klik kanan pada sembarang tempat dan pilih ‘Open command window here’ atau ‘Open Powershell window here’.
    Jalankan Command Pada Folder ADB
  6. Pada jendela Command, kamu ketikkan ‘fastboot devices’. Jika ADB terpasang dengan benar, maka akan muncul kode unik / daftar perangkat Android yang tersambung.
  7. Setelah tersambung dengan baik, sekarang kamu ketikkan perintah berikut ini satu persatu.
    fastboot flash recovery twrp.img

    fastboot boot twrp.img
  8. Setelah mengetikkan perintah terakhir, maka Hp Android kamu akan Reboot secara otomatis ke dalam TWRP Recovery.

Cara Masuk Mode TWRP Recovery

Untuk masuk mode recovery, sangatlah mudah. Pertama, matikan perangkat Android. Kedua, tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas, atau tombol Power + Volume Bawah. Untuk kombinasi tombol, setiap perangkat Android berbeda-beda. Maka dari itu kamu bisa cari di google Cara Masuk Mode Recovery sesuai dengan jenis dan merek Hp Android kamu.

Semoga tutorial ini dapa membantu kamu, jika ada pertanyaan silahkan kamu ajukan pada kolom komentar.

Tags:

MagzPedia

Saya suka dunia blogging dan sejenisnya. Saya membangun blog untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan untuk menyalurkan hobi.