11 Alasan Mengapa Linux Lebih Baik Dari Windows

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa OS Linux lebih baik dari OS Windows? Jangan bingung dan jangan heran. Disini kami akan jelaskan dan akan beri alasannya kepada kamu.

Jika Kamu bukan pengguna yang kuat, sepertinya “Windows” OS merupakan pilihan yang lebih baik (atau lebih mudah) jika dibandingkan dengan Linux. Dalam kedua kasus, jika Kamu belum menggunakan Linux distro maka Windows akan menjadi pilihan Kamu.

Namun, pada kenyataannya, kami lebih cenderung merasakan sesuatu yang berbeda, yang memungkinkan kami memiliki kesimpulan bahwa Linux mempunyai keunggulan daripada OS Windows.

Keuntungan dari Linux dibanding Windows

Pada artikel ini, kami akan tunjukkan 11 alasan kuat mengapa Linux lebih baik dari Windows.

1. Open Source

Software Open Source mungkin salah satu keunggulan terbesar Linux. Ini merupakan satu-satunya server yang memberikan kebebasan untuk kliennya. Mungkin saja ini disebabkan karena Linux bukan milik siapapun.

Sifat Open Source Linux dimaksudkan untuk mendorong lebih banyak inovasi dalam ruang server, yang menyiratkan bahwa jaringan Linux terus meningkat sepanjang tahun.

Kami tahu, kebanyakan orang tidak peduli dengan keterbukaan Linux ini, tetapi bagi kami, ini adalah fitur paling penting dalam menggunakan GNU / Linux.

2. Keamanan

Mari kita bahas ini; OS Windows rentan terhadap berbagai jenis serangan (atau peretasan). Namun, Linux tidak sekomprehensif Windows. Ini jelas tidak kebal, tetapi jauh lebih aman. Meskipun, tidak ada ilmu pasti di dalamnya.

Hanya cara kerja Linux yang menjadikannya sistem operasi yang aman. Secara keseluruhan, proses manajemen paket, konsep repositori, dan beberapa fitur lainnya memungkinkan Linux menjadi lebih aman daripada Windows.

Dengan demikian, Linux tetap stabil dalam banyak serangan cyber terbesar. Sifat Open Source menyiratkan bahwa kerentanan tetap dapat ditemukan, namun akan diperbaiki dengan sangat cepat. Sementara OS eksklusif lainnya hanya bergantung pada kelompok internal saja untuk segera merilis patch. Apple dan Windows mungkin terus menjadi raksasa di dunia OS, ini salah satu faktor yang membuat mereka menjadi target utama bagi penjahat cyber.

3. Bisa menghidupkan kembali komputer lama

Seiring berkembangnya sistem operasi, persyaratan perangkat kerasnya juga meningkat secara eksponensial. Misalnya, jika Kamu membeli salinan Windows 10 asli, Kamu harus memenuhi persyaratan perangkat keras minimum untuk menjalankannya dengan lancar, dan Kamu tidak dapat menjalankannya pada sistem low-end sembarangan.

Namun tidak demikian dengan Linux, Kamu bahkan dapat memanfaatkan salah satu sistem komputer tertua Kamu untuk mencapai suatu tugas. Namun, itu tidak berarti bahwa setiap distribusi Linux dapat bekerja pada RAM 256 MB ditambah lagi prosesor yang sudah ketinggalan zaman. Namun, ada beberapa opsi yang dapat Kamu instal pada sistem kelas bawah juga, sebagai contoh kamu bisa pakai Puppy Linux.

Jadi, sebagai OS yang efisien, distribusi Linux dapat dipasang ke berbagai sistem (low-end ataupun high-end). Sebaliknya, sistem operasi Windows memiliki persyaratan perangkat keras yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, bahkan jika Kamu membandingkan sistem Linux kelas atas dan sistem bertenaga Windows kelas atas, OS Linux akan lebih unggul. Nah, itulah alasan sebagian besar server di seluruh dunia lebih baik memilih untuk menjalankan OS Linux dibandingkan menjalankan hosting dari Windows.

4. Cocok untuk Programmer

Linux mendukung hampir semua bahasa pemrograman utama (Python, C / C ++, Java, Perl, Ruby, dll.). Selain itu, ia menawarkan berbagai aplikasi yang berguna untuk tujuan pemrograman.

Terminal Linux lebih unggul untuk digunakan daripada CMD pada Windows. Kamu akan menemukan banyak perpustakaan yang dikembangkan secara asli untuk Linux. Juga, banyak programmer menunjukkan bahwa manajer paket di Linux membantu mereka menyelesaikan sesuatu dengan sangat mudah.

Menariknya, kemampuan scripting bash juga merupakan salah satu alasan paling menarik mengapa programmer lebih suka menggunakan OS Linux.

Linux juga menghadirkan dukungan asli untuk SSH, yang akan membantu Kamu mengelola server Kamu dengan cepat. Kamu dapat memasukkan hal-hal seperti perintah apt-get yang selanjutnya menjadikan Linux salah satu pilihan paling populer dari para programmer.

5. Pembaruan Perangkat Lunak

Kecepatan Software Update OS Linux Lebih Baik dari Windows

Microsoft mendorong pembaruan perangkat lunak ketika menerima serangkaian masalah atau jika sesuatu yang utama perlu diperbaiki. Di sisi lain, Kamu akan mengamati pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi sedikit masalah.

Jadi, dengan Linux, Kamu akan melihat lebih banyak pembaruan untuk memperbaiki masalah yang mungkin Kamu hadapi. Kamu tidak hanya akan menemukan sejumlah besar pembaruan perangkat lunak, tetapi Kamu juga akan mengamati pembaruan perangkat lunak yang jauh lebih cepat.

6. Kustomisasi

Fitur Kustomisasi Linux Lebih Unggul dibanding Windows

Salah satu keuntungan utama menggunakan Linux daripada Windows adalah kustomisasi. Jika Kamu suka mengubah tampilan / mempercantik sistem Kamu, Linux sangat cocok untuk Kamu.

Selain memasang tema, Kamu memiliki banyak tema ikon yang indah. Selain itu, Kamu dapat menggunakan Conky untuk menampilkan informasi sistem pada desktop dengan cara yang paling keren. Tidak perlu dikatakan bahwa Kamu dapat melakukan banyak hal pada Wallpaper di OS Linux.

7. Distribusi

Tidak ada rasa pada Windows. Ya, mungkin Kamu memiliki beberapa paket yang berbeda dalam persyaratan lisensi, masa aktif, fitur, dan harga.

Sebaliknya, Kamu akan menemukan banyak distribusi Linux yang melayani berbagai kebutuhan. Jadi, Kamu dapat memilih untuk menginstal distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Sebagai contoh, ada distribusi Linux untuk hacker, ada distribusi Linux untuk programmer, ada distribusi Linux untuk komputer yang sangat tua. Ada juga Linux yang umum untuk semua orang.

8. Bebas Digunakan

Linux dapat diakses oleh publik secara gratis! Namun, tidak demikian halnya dengan Windows!

Kamu tidak perlu membayar 100-250 USD untuk mendapatkan salinan asli distro Linux (seperti Ubuntu, Fedora). Jadi, sepenuhnya gratis.

Jika sesuatu itu gratis tetapi bermanfaat, itu adalah hal terbaik yang sangat diharapkan semua orang. Dengan anggaran yang kamu hemat, Kamu dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan sistem Kamu.

9. Dukungan Komunitas yang Sangat Baik

Dukungan Komunitas Linux adalah salah satu kelebihan Linux dari Windows. Kamu tidak perlu menyewa seorang ahli untuk memecahkan masalah yang Kamu hadapi di sistem Linux Kamu. Kamu hanya perlu mencari permasalahan serupa di Search Engine untuk mencari solusi atau memposting masalah agar orang lain dapat menyelesaikannya. Dalam beberapa menit setelah memposting permasalahan di salah satu forum Linux, Kamu bisa mengharapkan balasan bersama dengan solusi terperinci yang akhirnya akan membantu menyelesaikan masalah Kamu tanpa biaya!

Ada banyak pengguna Linux aktif yang selalu siap untuk menanggapi masalah yang relevan yang mungkin telah dibuat. Jumlah pengguna komunitas yang aktif di forum tersebut lebih banyak daripada jumlah anggota aktif di forum yang berfokus pada Windows.

Namun, respons komunitas dapat bervariasi tergantung pada distribusi Linux yang digunakan.

10. Keandalan

Windows, seperti yang kita tahu, menjadi lamban hari demi hari. Kamu akan ingin menginstal ulang Windows setelah beberapa saat ketika Kamu menemukan crash atau perlambatan pada sistem Kamu.

Jika Kamu menggunakan Linux, Kamu tidak perlu khawatir menginstalnya kembali hanya untuk mengalami sistem yang lebih cepat dan lebih lancar. Linux membantu sistem Kamu berjalan dengan lancar untuk periode yang lebih lama (pada kenyataannya, lebih lama lagi!).

Juga, dengan Windows, Kamu harus beradaptasi dengan kebiasaan di mana Kamu terus me-reboot sistem untuk hampir semua hal.

  • Jika Kamu baru saja menginstal perangkat lunak, reboot!
  • Jika Kamu baru saja menghapus perangkat lunak, reboot!
  • Jika Kamu baru saja menginstal pembaruan Windows, reboot!
  • Jika sistem melambat, reboot!

Namun, dalam kasus Linux, Kamu tidak perlu melakukan reboot untuk situasi yang disebutkan di atas. Kamu dapat melanjutkan pekerjaan dengan nyaman, dan Linux tidak akan mengganggu Kamu.

Fakta lain yang membuktikan Linux bisa diandalkan adalah server web. Kamu dapat mengamati bahwa sebagian besar raksasa Internet seperti Google dan Facebook dijalankan di Linux. Bahkan hampir semua superkomputer berjalan di Linux.

Jadi, Mengapa Windows tidak disukai daripada Linux? Itu karena Linux jauh lebih dapat diandalkankan daripada OS Windows. Dan juga linux itu lebib Stabil dibandingkan pesaingnya ini.

11. Privasi yang Lebih Aman

Microsoft tentu saja mencoba menganonimkan data yang dikumpulkan dari setiap pengguna. Namun, itu tidak terlihat meyakinkan dengan Windows 10. Yang terbaru dari Microsoft. Ia telah menerima banyak kritik tentang bagaimana ia mengumpulkan data, apa yang harus dikumpulkan dan apa yang tidak.

Jika Kamu pernah menggunakan Windows 10, Kamu hanya bisa menuju ke pengaturan privasi untuk mengetahui bahwa semuanya diaktifkan secara default. Bahkan jika Kamu memilih untuk mengirim informasi Microsoft tentang data Kamu, itu masih dikumpulkan. Tentu saja, Microsoft tidak akan repot-repot mengungkapkannya secara resmi dengan pernyataan pers. Jadi, Kamu memerlukan seperangkat alat untuk menonaktifkan modul mata-mata di Windows.

Sebaliknya, Linux akan menjadi solusi sempurna untuk penggemar privasi. Pertama-tama, distribusi Linux tidak mengumpulkan banyak data (bahkan hampir tidak ada). Selain itu, Kamu tidak akan memerlukan alat tambahan untuk melindungi privasi Kamu.

Apakah Kamu juga berpikir Linux lebih baik dari Windows? Sekarang setelah Kamu tahu keuntungan menggunakan Linux daripada Windows, bagaimana menurut Kamu?

Jika Kamu masih akan tetap menggunakan Windows sebagai OS utama Kamu, alasan apa yang Kamu pikirkan untuk memilihnya daripada Linux? Jika Kamu sudah beralih, dan menggunakan Linux, manfaat apa lagi yang Kamu temukan?

Beri tahu kami alasan dan pemikiran Kamu pada kolom komentar dibawah ini.

Tags:

MagzPedia

Saya suka dunia blogging dan sejenisnya. Saya membangun blog untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan untuk menyalurkan hobi.