[Studi Kasus] Meningkatkan Kecepatan Blogger Hingga 80%

  • Home
  • Tutorial
  • [Studi Kasus] Meningkatkan Kecepatan Blogger Hingga 80%

Mengapa kamu harus Meningkatkan Kecepatan Situs Web Blogger kamu? Alasannya adalah jaman sekarang, pengguna itu tidak menyukai hal yang berkaitan dengan lambat (ingin yang instant dan cepat), maka kamu harus segera mengatasi website lemot itu.

Tidak seperti wordpress yang cukup menggunakan Plugin WordPress Terbaik. Pada platform Blogger, kamu diharuskan memutar otak untuk mempercepat page speed blog kamu. Mulai dari memperkecil ukuran gambar, css, html, js, dll.

Namun, sebelum kita melangkah ke tutorialnya, silahkan kamu lihat gambar dibawah ini yang membuktikan bahwa tutorial yang akan kami berikan terbukti ampuh mempercepat loading halaman blog.

Sebelum di Optimasi
Sesudah di Optimasi

Kamu pasti berfikir, bahwa situs kami yang ada pada gambar sebelum di optimasi pun memang sudah cepat. Jika kamu berfikir seperti itu, maka kamu salah. Optimasi yang kami lakukan itu mengurangi waktu memuat dari 2,6 detik menjadi 1 detik saja, Page Size dari 422kb menjadi 192kb, dan total permintaan pemuatan dari 25 menjadi 11 saja. Itu merupakan hal yang sangat memuaskan bagi kami.

Tapi untuk membuat kamu semakin percaya dengan apa yang akan kami bahas, silahkan kamu cek gambar hasil optimasi Client kami dibawah ini, silahkan kamu bandingkan dari sebelum dan sesudah di optimasi.

Situs Client Sebelum dan Sesudah di Optimasi

Jika Kamu amati, Score yang meningkat bukan hanya Page Speed saja, tapi YSlow pun meningkat walaupun tidak setajam kecepatan PageSpeed Score.

Pada situs Client kami kecepatan PageSpeed nya sangat buruk dan kecepatan YSlow nya pun dibawah rata-rata. Namun setelah kami lakukan optimasi dengan Cara kami sendiri, pada akhirnya kecepatan memuat dari situs Client saya meningkat dari Score E & D menjadi Score A & C.

Silahkan kamu simak baik-baik Tutorial yang akan kami tunjukkan dibawah ini.

1. Minify CSS dan Javascript

Saat Kamu mengecilkan file CSS dan Javascript Situs Web Kamu, maka Page Speed dari situs kamu akan meningkat. Seberapa cepat situs kamu dimuat tidak hanya penting bagi pengunjung saja, akan tetapi ini juga penting untuk kelangsungan peringkat Situs Web kamu pada Search Engine.

Untuk melakukan Minify pada CSS dan Javascript, kamu bisa mencoba Online Minifier Tools berikut

2. Menghapus JS, CSS, dan Widget Bundle Bawaan Blogger

Saat kamu cek Situs Web kamu di GTMetrix atau Google Page Insight, mungkin kamu akan melihat beberapa tag link dan script dari Situs Blogger kamu. Beberapa CSS, Javascript, dan Widget Bundle itu diantaranya widget_css_bundle.css, authorization.css, widget.js, dan plusone.js. Semua itu memang sudah ada pada Blogger, dan kamu tidak mungkin menemukannya saat edit template.

Melakukan hal seperti ini dapat meningkatkan nilai YSlow dan meningkatkan kecepatan blogger kamu. Maka dari itu, untuk menghapus atau menyembunyikannya harus mengedit beberapa tag dibawah ini :

<head> diganti dengan &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt;

</head> diganti dengan &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

<body> diganti dengan &lt;!--<body>--&gt;&lt;body&gt;

</body> diganti dengan &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<b:skin><![CDATA[ diganti dengan &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin>
<style type='text/css'>

]]></b:skin> diganti dengan </style>

3. Memindahkan Javascript / jQuery External Menjadi Internal

Kenapa kamu harus memindahkan Javascript / Jquery dari External ke Internal? Jika dalam template blogger kamu memakai jQuery external seperti https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.1.0/jquery.min.js. Tidak menutup kemungkinan situs kamu akan memuat jQuery tersebut sedikit mengalami keterlambatan walaupun dalam hitungan MiliSecond. Maka untuk mengatasi hal tersebut, Kamu bisa memindahkan Script jQuery tersebut ke Template Blogger yang kamu pakai.

Pasti kamu akan berfikir kenapa kita tidak menghapusnya saja?, alasan yang mungkin saja bisa kami pakai mungkin jika Template Blogger yang kamu pakai tidak terdapat jQuery. Bisa saja template kamu menjadi kacau atau mengalami masalah yang cukup signifikan. Maka satu-satunya jalan ialah memindahkannya dari External menjadi Internal.

4. Menghapus JS, CSS, dan Widget Yang Tidak Digunakan

Kenapa pada poin keempat ini kita harus menghapus JS, CSS, ataupun Widget? Sedangkan pada poin ketiga kita harus memindahkan JS atau CSS External ke Internal? Jika pemikiran Kamu seperti itu, maka Kamu sudah salah dalam memahami poin yang kami maksud.

Dalam poin keempat ini yang saya maksudkan adalah script atau barisan kode dari CSS, JS, HTML, dan Widget yang menurut Kamu kurang berguna. Maka lebih baik kamu hapus saja, karena hal ini dapat membuat kineja blog Kamu akan mengalami beban yang cukup besar.

5. Memasang Lazy Load Image dan Adsense

Apa itu Lazy Load? Jika kamu belum mengenal pemrograman, maka kata tersebut mungkin asing bagi Kamu. Akan tetapi disini kami akan menjelaskannya secara singkat.

Lazy Load (bisa disebut pemuatan berdasarkan permintaan) adalah teknik pengoptimalan konten online, baik itu berbentuk aplikasi atau situs web. Konsep dari lazy load ialah menunda pemuatan laman secara massal, dan hanya akan dimuat saat pengguna membutuhkannya. Dan juga ini adalah cara efektif meningkatkan kecepatan situs web blogger kamu.

Untuk pemasangannya kamu bisa mengikuti tutorial Lazy Load Image dari Igniel dan Lazy Load Adsense dari Bung Frangki.

6. Memperkecil Ukuran Gambar

Kenapa kamu harus mengecilkan gambar?, Sedangkan kamu sudah menambah Script Lazy Load pada blog kamu?

Walaupun kamu sudah menambah atau memasang Lazy Load di Blogger, kamu tetap saja harus mengecilkan ukuran gambar sehingga saat Lazy Load mulai memuat Gambar kamu, maka waktu pemuatan akan dipangkas lebih besar, dan itu sangat disukai oleh pengunjung blog kamu. Itulah alasan kami mengapa kamu harus mengecilkan ukuran gambar juga.

Untuk cara memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas, kamu bisa memakai Online Tools Image Compressor dibawah ini:

Itulah Cara yang terbukti Efektif untuk Meningkatkan Kecepatan Blogger. Jika kamu memiliki pertanyaan atau masukkan, silahkan kamu tulis pada kolom komentar yang telah disediakan.

Tags:

MagzPedia

Saya suka dunia blogging dan sejenisnya. Saya membangun blog untuk berbagi pengetahuan, informasi, dan untuk menyalurkan hobi.